Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 28 Maret 2013

HASIL SURVEY

Hasil Survei

Pada tanggal 28 Maret 2013 saya telah melakukan survei kepada beberapa mahasiswa TI – USU tentang “Pentingnya Sebuah Nilai Pada mahasiswa”. Alasan saya mengambil topik tentang pemrograman ini adalah karena saya melihat masih banyaknya mahasiswa TI yang masih mementingkan Nilai dibandingkan dengan sosalisasi. Survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sosialisasi terhadap mahasiswa. Pertanyaan yang saya ajukan adalah sebagai berikut :
1.   Apakah anda senang belajar di jurusan TI?
2.   Pilih salah satu nilai antara C dan D !
3.   Berikan alasan sesuai pertanyaan nomor 2 !
4.  Jika pada saat pembagian kelompok untuk memenuhi suatu mata kuliah, mana yg anda pilih Pilih, Pilih kelompok sendiri atau Dipilih oleh dosen mata kuliah tersebut!
5.   Sebutkan alasan sesuai pilihan anda pada no 4!
6.  Pilih salah satu pelajaran yang anda suka di TI  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pengantar Teknologi Telekomunikasi, atau Organisasi dan Arsitektur Komputer!
7.   Apakah anda suka dengan ketiga-tiganya?  Pilihannya Ya, of course bro! atau Tidak
8.   Berikan alasan sesuai dengan anda pilih pada pertanyaan soal no 7 !

Survei tersebut telah dijawab oleh 25 orang, dari berbagai angkatan seperti 2011 saja. Dan ini adalah hasil analisa yang saya dapatkan dari ke 25 orang tersebut dapat disimpulkan bahwa :
 

1.  Mahasiswa TI dari angkatan 2011 beranggapan berkuliah di TI alasan mereka cukup berbeda-beda, ada yg beranggapan sebagian cukup senang karena mereka dari awal memang masuk pilihan mereka pada TI. Dan sebagian beranggapan biasa saja dan cukup membosankan mungkin disebabkan banyaknya tugas dberi oleh dosen, namun walaupun begitu itulah namanya proses belajar.

2.  Dari survey memilih nilai C atau D, 98% diantaranya memilih C disebabkan nilai tersebut lebih tinggi dari nilai D. Mereka lebih memilih C disebabkan bisa mengulang mata kuliah tersebut atau tidak. Sedangkan yg memilih D hanya sekitar 2 %, alasan mereka cukup mendapatkan nilai D agar mereka kedepannya lebih serius kepada mata kuliah tersebut.

3.  Pada pilihan pembagian kelompok banyak yang memilih, dosenlah yang memilih kelompok sebab banyak yang beranggapan jika dipilih oleh diri sendiri akan mengurangi rasa adil dan sosalisasi dalam hubungan perkuliahan juga. Namun pada pilihan memilih teman sendiri mereka beranggapan  sudah nyaman atas teman-teman mereka biasa melakukan diskusi kelompok, namun seharusnya sesama mahasiswa kita haru saling mendorong satu sama lain. Jadi  menurut saya lebih adil dipilih dosen dikarenakan banyak teman-teman yg pintar cenderung memilih teman yg pintar juga. Sehingga teman-teman yg kurang memahami mata kuliah tersebut jd tersisih. Jd menurut saya itu tidak baik dalam hal perkuliahan.

4. Dari pilihan mata kuliah yang disukai pillihan banyak yang juga yg memilih satu persatu. Namun pada pertanyaan yg memilih ketiga-tiganya cukup banyak yang setuju dengan pernyataan tersebut. Dikarenakan pada mata kuliah tersebut cukup mudah untuk mendapatkan nilai, namun cukup mudah bukan berarti tanpa usaha yang maksimal.  Jadi nilai pada mahasiswa cukup berpengaruh terhadap sosialisasi kita didalam kelas maupun kampus.


Survei online yang dilakukan sangat bermanfaat sehingga dapat mengukur sejauh mana dan apa yang menjadi kendala dari suatu permasalahan. Dengan dilakukannya survei online sepertinya saya rasa cukup efektif dan efisien karena menghemat waktu dan biaya serta orang orang yang melakukan survey ini dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Terima Kasih~

0 komentar:

Posting Komentar