KARYA TULIS ILMIAH
Interaksi Manusia dengan Komputer
Disusun oleh :
Roy P.Ginting
111402095
Program
Studi S-1 Teknologi Informasi
Fakultas
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas
Sumatera Utara
2013
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur saya panjatkan kehadirat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesehatan dan
nikmatnya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang berjudul Interaksi
Manusia dengan Komputer sesuai prosedur dan persyaratannya.
Tugas ini
ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Umum dan juga
pembelajaran buat saya untuk membuat sebuah karya ilmiah.
Pertama-tama
saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Filia Dina
Anggaraeni yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan kepada saya
tentang ilmu psikologi sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Dan
tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan saya di perkuliahan
khususnya di perkuliahan untuk mata kuliah Pengantar Psikologi Umum.
Saya
menyadari bahwa karya ilmiah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik
dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan
pengetahuan dan wawasan saya. Oleh sebab itu, saya sangat mengharapkan kritik
dan saran untuk menyempurnakan karya ilmiah ini.
Akhirnya,
saya mengharapkan semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat, khususnya
bagi saya dan umumnya bagi pembaca.
Medan, 20 April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Bab II Pembahasan
2.1 Antar muka
Manusia-Komputer
2.2 Faktor Manusia
2.3 Faktor Ergonomi
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebagaimana
yang kita ketahui bahwa komputer terdiri dari tiga aspek utama, yaitu perangkat
keras (Hardware), perangkat lunak (Software), pengguna (Brainware). Dari ketiga
aspek tersebut tentunya tidak akan bisa kita pisahkan, sebab komputer tidak
akan bisa di operasikan jika salah satu diantara ketiga aspek tersebut tidak
ada. Bagaikan sebuah kendaraan, jika tidak ada driver atau sopirnya tentu
kendaraan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya, begitu pula
dengan komputer jika tidak ada pengguna (User) maka secara teknis komputer
tersebut tidak akan bisa beroperasi dengan sendirinya.
Interaksi
manusia dan komputer atau dalam bahasa Inggrisnya Human-Computer Interaction
dan biasa disingkat dengan HCI adalah ilmu yang mengkaji tentang
komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Sistem yang
dimaksudkan di sini tidak hanya kepada sistem-sistem yang ada di komputer saja,
tetapi produk-produk apa saja yang digunakan oleh pengguna (User) seperti
kendaraan, peralatan kantor, peralatan pejabat, peralatan rumah dan sebagainya.
Peranan utama Human Computer Interaction HCI adalah untuk menghasilkan
sebuah sistem yang serba guna (usable), selamat, nyaman, berkesan
dan efektif.
Komputer
melibatkan tiga komponen yaitu Pengguna, Interaksi dan Sistem yang ada di
komputer itu sendiri. Jadi yang menjadi sasaran utama pada IMK atau HCI adalah
terciptanya suatu keramahan terhadap pengguna (user friendly). Maka dengan
adanya suatu interaksi yang nyaman antara pengguna dan sistem, berarti sistem
komputer tersebut telah mampu menciptakan suatu keramahan, mudah digunakan,
memberikan kepuasan kepada pengguna, enak dipelajari dan masih banyak manfaat
yang lainnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Antar Muka Manusia – Komputer
Salah satu kajian terpenting dalam
bidang IMK atau HCI adalah antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna merupakan
bagian sistem yang akan dikendalikan oleh pengguna, untuk mencapai dan
melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem. Ia juga dianggap sebagai jumlah
keseluruhan keputusan reka bentuk. Antarmuka juga secara tidak langsung,
menunjukkan kepada pengguna tentang bagaimana fungsi sistem. Dengan kata lain,
antarmuka bagi suatu sistem menggabungkan elemen-elemen daripada sistem,
elemen-elemen daripada pengguna dan juga kaedah komunikasi atau interaksi di
antara kedua-duanya. Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan produk tersebut
melalui antarmuka pengguna.
Seperti yang kita ketahui bahwa
prinsip kerja pada sebuah sistem komputer yaitu masukan, proses, dan keluaran.
Ø Input Unit/Masukan:
Yaitu bagian yang menerima dan memasukkan data dan instruksi.
Ø CPU/Proses:
Yaitu bagian yang melaksanakan dan mengatur intsruksi, termasuk menghitung dan
membandingkan.
Ø Memory:
Yaitu bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi.
Ø Output
Unit/Keluaran: Yaitu bagian yang berfungsi mengeluarkan hasil proses.
Ketika kita bekerja pada sebuah
sistem komputer, secara tidak sadar bahwa kita sedang berinteraksi dengan
komputer tersebut. Begitu pun dengan komputer itu sendiri juga melakukan interaksi
terhadap kita. Tetapi komputer baru akan berinteraksi ketika kita memberikan
instruksi atau memasukkan data terhadap komputer tersebut. Dan sebaliknya
komputer tidak akan berinteraksi jika kita tidak memberikan instruksi atau
memasukkan data.
Nah, ketika komputer melakukan
sebuah interaksi, kita tidak tahu bagaimana komputer tersebut mengubah data
atau instruksi yang kita masukkan, karena pada hakekatnya mesin pada komputer
hanya mengenal dua angka atau bilangan yaitu nol dan satu. Namun ada beberapa
bahasa yang digunakan oleh para programmer untuk memudahkan mereka dalam
membuat aplikasi, misalnya bahasa C, C++, Fortran, Pascal, Cobol, Basic, Algol
dan masih banyak bahasa yang lainnya. Proses pengubahan data pada mesin
komputer ini penulis tidak akan jelaskan, karena akan dibahas pada mata kuliah
yang lain, dan kebetulan penulis sendiri belum terlalu mengerti. Jadi, daripada
setengah-setengah penulis tidak perlu jelaskan.
Jadi, dengan adanya pengeluaran atau
output tadi kita akan baru tahu bahwa komputer yang kita operasikan telah
melakukan interaksi terhadap kita. Interaksi yang dilakukan oleh komputer dapat
berupa tampilan pada layar monitor, suara, dan lain sebagainya.
2.2 Faktor Manusia
Menurut pengetahuan penulis, faktor
manusia hanya meliputi tiga aspek. Namun penulis yakin bahwa faktor manusia
lebih dari tiga aspek atau bahkan mungkin kurang dari tiga aspek. Nah, Ketiga
aspek yang penulis tahu itu adalah sebagai berikut :
1. Aspek Penglihatan
Aspek penglihatan pada manusia tentu
kaitannya dengan mata, dimana mata sendiri memiliki fungsi yang sangat penting
pada seorang manusia yaitu untuk melihat. Mungkin tanpa mata kita akan terasa
sulit menikmati keindahan alam yang telah di anugerahkan oleh Yang Maha Kuasa.
Sebab menurut buku yang penulis baca, beberapa ahli mengatakan bahwa fungsi
utama mata manusia digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganizir akan
gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi, tekstur, warna yang mana semua itu
merupakan obyek tiga dimensi. Jadi, dalam dunia nyata mata manusia selalu
digunakan untuk melihat obyek tiga dimensi.
Sedangkan pada komputer, yang mana
komputer sendiri menggunakan layar dua dimensi, mata kita dituntut untuk bisa
membaca obyek yang ada pada tampilan monitor yang sebenarnya berupa obyek dua
dimensi.
Selain itu, cahaya yang dihasilkan
oleh layar monitor juga sangat berpengaruh terhadap penglihatan kita. Mungkin
ketika kita akan bekerja pada sebuah program komputer, ada baiknya terlebih
dahulu kita mengatur kontras atau jumlah cahaya yang dihasilkan oleh monitor.
Supaya tercipta suatu kenyamanan pada saat kita bekerja. Sebab mata atau
penglihatan manusia berbeda-beda, ada yang suka dengan yang cerah-cerah, dan
juga ada yang suka dengan yang gelap-gelap. Kesemua perbedaan tersebut sudah
diatur dan disediakan pada menu yang ada pada monitor. Misalkan anda menyukai
yang gelap-gelap, anda cukup menekan menu pada monitor, lalu pilih Brightness
kemudian tambahkan atau kurangkan. Atau misalkan anda
menyukai yang cerah-cerah seperti pada instruksi sebelumnya anda cukup menekan
tombol menu, lalu pilih Kontras, kemudian anda tinggal menambah atau
menguranginya.
2. Aspek Pendengaran
Aspek pendengaran tentu kaitannya
dengan suara dan telinga kita. Telinga merupakan panca indra yang sangat
penting setelah mata ketika bekerja kita pada sebuah mesin komputer, yang
walaupun sekarang ini masih banyak aplikasi yang belum menggunakan media
pendengaran. Namun seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi
juga akan terus berkembang dengan pesat.
Seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya bahwa aspek pendengaran berkaitan dengan suara. Suara yang dimaksud
disini yaitu suara yang dihasilkan dari komputer itu sendiri. Suara yang
dihasilkan oleh komputer dapat melalui speaker, yang mana speaker ini juga
sekaligus berfungsi sebagai alat output, yaitu alat pengeluaran suara.
3. Aspek Sentuhan
Aspek sentuhan tentu kaitannya
dengan tangan kita. Sebab manusia menggunakan tangan mereka untuk memegang atau
menyentuh suatu benda. Tapi itu bagi kita yang tidak meiliki cacat tangan, nah
bagaimakah bagi orang-orang yang memiliki cacat tangan? Itu tergantung pada
diri mereka sendiri yang memiliki cacat pada tangan. Ada yang memakai kaki,
mulut dan lain sebagainya. Nah beruntung bagi kita yang memiliki tangan yang
sempurna, kita dapat menyentuh apapun yang kita mau. Oleh karena itu kita harus
mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.
Nah, bagaimanakah aspek sentuhan
pada komputer? Biasanya pada komputer aspek sentuhan digunakan pada penggunaan
papan ketik yaitu tombol-tombol dan juga mouse.
Tombol-tombol pada papan ketik
barangkali akan terasa nyaman apabila menimbulkan sensasi-sensasi sentuhan
terhadap jari-jemari kita. Biasanya ini tergantung kualitas yang dimiliki oleh
papan ketik itu sendiri. Ada yang sedikit saja kita tekan sudah menampilkan
karakter yang kita inginkan, dan ada juga yang harus kita tekan dengan kuat
sekali baru akan menampilkan karakter yang kita inginkan. Selain itu,
posisi-posisi tombol yang ada pada papan ketik juga akan berpengaruh pada kenyamanan
kerja kita. Sebab posisi tombol yang dimiliki oleh papan ketik bukan hanya satu
posisi atau tata letak. Ada yang tata letaknya seperti Dvorak, Alphabetik,
Qwerti, Klockenberg, dan lain sebagainya.
Kemudian sentuhan pada mouse barangkali
juga akan terasa nyaman seperti menyentuh tombol pada papan ketik, yaitu
apabila kita merasakan sensasi-sensasi sentuhan. Sebab setiap mouse juga
memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang sedikit saja kita gerakkan,
pointernya sudah melakukan perpindahan, dan juga sebaliknya ada yang harus kita
gerakkan berkali-kali baru dia berinteraksi. Kemudian bagi anda yang mungkin
memiliki kebiasaan memakai tangan kiri atau kidal sepertinya juga akan
berpengaruh ketika anda memegang atau mengendalikan mouse. Tapi anda
tidak perlu khawatir, anda cukup memindahkan mouse kesebelah kiri
monitor. Sebab kebanyakan kita meletakkan mouse sebelah kanan monitor.
Selalin itu juga anda dapat merubah fungsi tombol pada mouse. Cukup
dengan membuka My Computer, pilih Control Panel, kemudian
pilih mouse, nah anda tinggal memilih atau merubah fungsi tombol mouse.
2.3 Faktor
Ergonomi
Faktor ergonomi atau faktor
kenyamanan kerja secara umum kaitannya dengan keadaan lingkungan sekitar kita.
Baik dari segi pencahayaan, kualitas udara sekitar tempat kita bekerja,
gangguan suara atau bising, dan termasuk kesehatan badan kita juga sangat
berpengaruh terhadap proses kerja kita pada sebuah sistem komputer.
Bagi anda yang memang bekerja pada
sebuah ruangan dan harus duduk terpaku pada ruangan tersebut, ditambah lagi
dengan keadaan lingkungan sekitarnya tidak mendukung, misalnya ruangan yang
anda tempati itu disamping rel Kereta Api, atau mungkin disamping sebuah pabrik
padi, tentu dengan keadaan lingkungan seperti ini anda akan terasa sulit menemukan
kenyamanan kerja. Karena lingkungan tempat anda bekerja itu menimbulkan suara
yang keras dan tidak enak untuk didengar, yaitu ketika rel Kereta Api melintas
atau mesin pabrik yang terus menyala. Dan tidak mungkin anda bisa
menghindarinya. Karena memang anda mau tidak mau harus duduk pada ruangan
tempat anda bekerja.
Tapi itu dari segi gangguan suara.
Contoh yang lain misalnya dari segi pencahayaan. Bagi anda yang memiliki
komputer pribadi dan memang anda menempatkannya didalam kamar anda sendiri,
anda seringkali menempatkannya di depan jendela dengan alasan agar ketika anda
bekerja anda bisa langsung menikmati pemandangan samping rumah anda tanpa harus
keluar dulu untuk melihatnya. Sebaiknya posisi seperti ini anda hindari. Sebab
ketika anda membuka jendela, jumlah cahaya yang langsung masuk kekamar anda dan
otomatis mengenai komputer anda tidak terhitung jumlahnya. Nah, pada saat
cahaya mengenai komputer anda, ini ada pengaruhnya pada perangkat-perangkat keras
komputer anda. Misalkan salahsatu perangkat keras komputer anda tidak tahan
dengan cahaya, tapi justru anda membiarkannya, ini akan berakibat fatal pada
perangkat keras tersebut. Belum lagi apabila hujan turun pasti akan langsung
mengenai komputer anda.
Suhu udara yang ada didalam kamar
anda juga ada pengaruhnya pada perangkat-perangkat keras komputer anda. Tapi
bagi anda yang mempunyai kamar ber-AC, maka anda akan muda mengatur suhu yang
ada didalam kamar anda.
Inti daripada faktor ergonomi adalah
adanya pengaruh lingkungan yang harus kita hindari dan harus kita sesuaikan
dengan karakteristik pola kerja kita. Agar tercipta kenyamanan kerja yang
sempurna dan tentunya tidak membuat kita bosan dalam berinteraksi dengan
komputer.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang
dapat kita ambil dari penjelasan diatas yaitu bagaimana agar tercipta suatu
interaksi dan kenyamanan kerja antara manusia dan komputer. Sebab, pada umumnya
setiap orang pasti menginginkan kenyamanan pada saat mereka melakukan
aktivitas. Begitupun dengan komputer yang nota bene adalah sebuah mesin yang
dikendalikan oleh manusia, juga memerlukan kenyamanan, namun kenyamanan yang dirasakannya
tidak bisa dirasakan oleh manusia. Tapi, secara teknis kenyamanan yang
dirasakan oleh komputer dapat kita lihat dari output atau pengeluaran yang
dihasilkannya. Apabila sebuah karakter kita masukkan dengan aturan yang
dimilikinya kemudian ditampilkannya, maka sesungguhnya dia telah melakukan
suatu interaksi dan kenyamanan terhadap kita, maka inilah yang dinamakan adanya
suatu interaksi serta kenyamanan antara manusia dan komputer.
3.2 Saran
Adapun saran yang dapat
penulis sampaikan kepada kita semua yaitu agar selalu mencari tahu apa yang
belum kita tahu. Dengan kata lain mencari ilmu sebagai bekal dimasa depan. Dengan
pengetahuan yang kita dapat merubah masa depan baik bagi orang lain maupun bagi
diri kita sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar