Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 25 Maret 2013

SENSASI DAN PERSEPSI

Apakah SENSASI itu?

Sensasi pada dasarnya merupakan  tahap awal dalam penerimaan emosi. Sensasi atau dalam bahasa inggrisnya sensation, berasal dari bahasa latin, sensatus, yang dianugrahi dengan indra, atau intelek. Secara lebih luas, sensasi dapat diartikan sebagai aspek kesadaran yang paling sederhana yang dihasilkan oleh indra kita, seperti temperature tinggi, warna hijau, rasa nikmatnya sebatang coklat. Sebuah sensasi di pandang sebagai kandungan atau objek kesadaran puncak yang privat dan spontan. Apapun definisi mengenai sensasi, fungsi alat indra dalam menerima informasi dari lingkungan sangat penting. Karena melalui alat indralah manusia dapat memahami kualitas fisik lingkungannya.

Apakah PERSEPSI itu??

 Secara etimologis, persepsi atau dalam bahasa inggris perception berasal dari bahasa latin percipere, yang artinya menerima atau mengambil. Persepsi dalam arti sempit ialah penglihatan, bagaimana cara seseorang melihat sesuatu.  Sedangkan dalam arti luanya adalah pandangan atau pengertian, yaitu bagaimana seseorang memandang atau mengartikan sesuatu. Menurut De Vito (1997:75), persepsi adalah proses ketika kita menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita. Gulo (1982:207) mendefinisikan persepsi sebagai proses seseorang menjadi sadar akan segala sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Rakhmat (1994:51) menyatakan bahwa persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Dan menurut Atkinson, persepsi adalah proses saat kita mengorganisasikan dan menafsirkan pola stimulus dalam lingkungan.
Persepsi bisa disebut sebagai inti komunikasi, mengapa? Karena jika persepsi kita tidak akurat, kita tidak mungkin berkomunikasi dengan efektif. Dengan kata persepsilah yang menentukan kita memilih suatu pesan dan mengabaikan pesan yang lainnya.
Sensasi sering dibedakan dari persepsi. Menurut beberapa pendapat, sensasi lebih berkonotasi pada sebuah hubungan dengan perasaan (tetapi bukan dengan emosi), sedangkan persepsi lebih berhubungan dengan kognisi. Jadi proses sensasi dan persepsi itu berbeda. Dalam ungkapan lain disebutkan, “Sensasi ialah penerimaan stimulus lewat alat indra, sedangkan Persepsi adalah menafsirkan stimulus yang telah ada didalam otak.
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa Persepsi merupakan proses memberi makna pada sensasi sehingga manusia memperoleh pengetahuan baru, dengan kata lain persepsi mengubah sensasi menjadi informasi. Hubungan sensasi dan persepsi sudah jelas. Sensasi adalah bagian dari persepsi. Dan persepsi kita berbeda dengan orang lain. Dalam dunia yang lebih luas dapat digeneralisakan dalam banyak kasus. Cara pandang kita terhadap masalah akan selalu berbeda dengan orang lain, tergantung pada konstruk-konstruk pribadi yang menyusun kepribadian kita. Cara pandang terhadap masalah unik untuk setiap orang. 

Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya orang yang baru kita pertama kali kita kenal sudah banyak bicara serta omong kosong. Persepsi kita setelah berkenalan dengan orang tersebut dan kita sudah menganggap tidak percaya kepada orang tersebut. :)

sekian dan salam olahraga :)


0 komentar:

Posting Komentar